cover
Contact Name
Aprilia Triaristina
Contact Email
aprilia@fkip.unila.ac.id
Phone
+6282175980724
Journal Mail Official
pesagi@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung J FKIP Universitas Lampung, Jalan Prof. Soemantri Brodjonegoro No. 1 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 27458717     DOI : https://doi.org/10.23960/pesagi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Lampung. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) menerima manuskrip atau artikel dalam bidang pendidikan sejarah dan sejarah dari berbagai kalangan akademisi.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)" : 9 Documents clear
PERSEPSI MASYARAKAT TINGGIHARI TERHADAP KEBERADAAN SITUS MEGALITIK TINGGIHARI Khairiah Khairiah; Maskun Maskun; Wakidi Wakidi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.362 KB)

Abstract

This research aims to find out perception Tinggihari’s society toward existence of the site Megalithic Tinggihari Gumay Ulu sub-district Lahat regency. The method was used descriptive method. The data collecting technique is observation, questionnaire, interview and documentation. The technique analysis of the data is qualitative. Based on the research of villagers Tinggihari Gumay Ulu sub-district Lahat regency has a positive perception of the existence of the site Megalithic Tinggihari it seen from their attention, knowledge and a way of thinking its society. It is based on data analysis, stating that a society who have positive attention toward site Megalithic Tinggihari were 82 %. 86 % of society who have much knowledge and 81 % of society who have a way of good thinking.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  persepsi masyarakat Tinggihari terhadap keberadaan situs Megalitik Tinggihari  Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya merupakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian masyarakat desa Tinggihari Kecamatan Gumay Ulu  Kabupaten Lahat memiliki persepsi yang positif mengenai keberadaan situs Megalitik Tinggihari dilihat dari perhatian, pengetahuan dan cara berfikir masyarakatnya. Hal ini berdasarkan analis data, yang menyatakan bahwa masyarakat yang memiliki perhatian positif terhadap situs Megalitik Tinggihari berjumlah 82%. 86% masyarakat yang memiliki pengetahuan banyak dan  81% masyarakat yang memiliki cara berfikir yang baik.Kata kunci: desa tinggihari, masyarakat, persepsi  
TRADISI PENGADANGAN DALAM ADAT PERKAWINAN SUKU OGAN DESA LUNGGAIAN Reza Andesta; Iskandar Syah; Maskun Maskun
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.203 KB)

Abstract

The purpose is for knowing how the process of the tradition of pengadangan in marriage custom of ogan ethnic lunggaian village. This research used descriptive method, interview observation, literature technique and analysis technique to chair person of ogan ethic lunggaian village. The result of the research is the preparation of pengadangan tradition which are conference , data collecting, and the preparation of pengadangan demand, the process of pengadangan consists of procession ambush and consent granted. And the closing is in the from of sedekah namely event that  invited guests enjoyed a meal and entertainment.Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan tradisi pengadangan dalam adat perkawinan suku Ogan Desa Lunggaian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, teknik wawancara, teknik observasi, literatur teknis dan teknik analisis data terhadap tokoh adat suku Ogan desa Lunggaian. Hasil dari penelitian ini adalah persiapan pengadangan : berasan yaitu bermusyawarah, pendataan dan mempersiapkan permintaan dari pengadangan, proses pengadangan arak-arakan, pengadangan dan ijab kabul. Penutup dalam bentuk sedekah yaitu semua tamu undangan berkumpul menikmati makanan dan hiburan.Kata kunci: pengadangan, suku ogan, tata cara
PERUBAHAN SOSIAL PADA MASYARAKAT KAMPUNG TANJUNG MAS MAKMUR KECAMATAN MESUJI TIMUR Andrian Rifa'i; Ali Imron; Wakidi Wakidi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.756 KB)

Abstract

The purpose of this research is to find out clearly how social changes in society due to the Integrated Urban homesteader of Tanjung Mas Mandiri Makmur village in East Mesuji. The problem of this research is social change in the society due to the Integrated Urban homesteader of Tanjung Mas Mandiri Makmur village in East Mesuji. The data collection techniques that used are observation, interviewing, and documentation to analyze the data using qualitative data analysis. The method is a descriptive method. The results show that since it was built in the Integrated Urban of Tanjung Mas Mandiri Makmur village, there are changes in many sides such as education, economics, law and technology.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan jelas bagaimanakah perubahan sosial pada masyarakat transmigran akibat adanya Kota Terpadu Mandiri di Kampung Tanjung Mas Makmur Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji. Permasalahan dalam penelitian ini adalah  perubahan sosial pada masyarakat transmigran akibat adanya Kota Terpadu Mandiri di Kampung Tanjung Mas Makmur Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara  dan dokumentasi untuk menganalisis data menggunakan analisis data kualitatif. Metode yang digunakan  metode deskriptif. Hasil penelitian menjukan bahwa  sejak dibangun Kota Terpadu Mandiri di Kampung Tanjung Mas Makmur ada perubahan di berbagai bidang seperti bidang   pendidikan, ekonomi, hukum dan teknologi.Kata kunci : kota terpadu mandiri, perubahan sosial, transmigrasi
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH Redi Almuzaki; Iskandar Syah; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.798 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) learning model towards learning outcomes in teaching history. The research applied eksperimental method; the data collection technique  was done through test, observation, documentation, and literary reviews. The researcher used quantitative data as data analysis techniques. Based on the results it showed that the value of Farithmetic (6,135) Ftable (0.05;1;65) that is 3,988. Therefore it can be concluded  that the Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) learning model effected the teaching of history at class X of SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh penggunaan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui teknik tes, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil hitung uji statistik diperoleh bahwa nilai Fhitung (6,135) Ftabel (0,05;1;65) yaitu 3,988. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berpengaruh pada pembelajaran sejarah kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran thinking aloud pair problem solving, pembelajaran sejarah.
KEMBAR MAYANG DALAM UPACARA ADAT PERKAWINAN JAWA DI DESA NAMBAHREJO Aurora Nandia Febrianti; Iskandar Syah; Wakidi Wakidi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.785 KB)

Abstract

This study was aimed to explore the meaning of Kembar Mayang symbol in traditional Javanese wedding ceremony. The method used in this study was the deskriptif method. The data collecting technique was done by observation technique, interview and literature. The data analysis technique that was used was qualitative data analysis technique. Based on the results of research, Kembar Mayang is one of the symbol that is included in a series of Panggih ritual ceremonies in Javanese traditional wedding ceremony. Kembar Mayang is made by someone who is expert in making Kembar Mayang and know the meaning of each symbol contained in the Kembar Mayang. Kembar Mayang has always made a pair of twins, the Kembar Mayang bride and Kembar Mayang groom. The meaning that contained in Kembar Mayang is about advice for the bride and groom in undergoing the new life. Penelitian ini bertujuan untuk mencari makna simbol Kembar Mayang dalam upacara adat perkawinan Jawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Teknik analisis datanya merupakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Kembar Mayang merupakan salah satu simbol yang disertakan dalam upacara panggih pada serangkaian ritual upacara adat perkawinan Jawa. Kembar Mayang dibuat oleh seseorang yang ahli dalam pembuatan Kembar Mayang dan mengetahui makna yang terkandung dalam setiap simbol pada Kembar Mayang. Kembar mayang selalu dibuat sepasang, yaitu kembar mayang perempuan dan kembar mayang pria. Makna yang terkandung dalam Kembar Mayang berisi tentang nasehat bagi calon pengantin dalam mengarungi hidup baru. Kata kunci: kembar mayang, makna, upacara adat perkawinan Jawa
TINJAUAN HISTORIS TENTANG KETERLIBATAN MILITER DALAM PEMERINTAHAN SOEHARTO Prihatanti Prihatanti; Maskun Maskun; Syaiful M
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.191 KB)

Abstract

The purpose of this study was to figure out the military involvement during Soeharto’s presidential term in the early of the new order. This research applied historical method. The data collection techniques employed literary reviews and documentation;while qualitative data analysis was used to analyze the data. The result found out that in the early of the new order, several military members served in the post of governors and ministers during the development cabinet I and II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya keterlibatan militer dalam pemerintahan Soeharto di bidang birokrasi pada masa awal orde baru. Metode yang digunakan adalah metode historis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kepustakaan dan teknik dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pada masa awal orde baru militer di bidang birokrasi terdapat beberapa anggota militer yang memangku jabatan gubernur, serta sebagai menteri pada kabinet pembangunan I dan II. Kata kunci : keterlibatan, militer, orde baru
TINJAUAN HISTORIS MASUK DAN BERKEMBANGNYA ISLAM DI TELUK BETUNG Zafran Febriadi; Maskun Maskun; Wakidi Wakidi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.759 KB)

Abstract

The purposes of this research are to know the process of the participate Islam and patterns of Islam development in the Teluk Betung. In this research the method use historical method. The data collection techniques uses documentation and literature techniques. The data analysis technique in this research is qualitative data analysis technique. The results from this research show that Islam came in the Teluk Betung  happened gradually since the XVI century. The spread of Islam in the Teluk Betung uses various patterns such as political development, trade, marriage and education. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui proses masuknya Islam dan pola pengembangan ajaran Islam di Teluk Betung. Metode penelitian ini menggunakan metode historis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa  Islam masuk di Teluk Betung terjadi secara bertahap sejak  abad XVI Masehi. Penyebaran  Islam di Teluk Betung menggunakan berbagai pola pengembangan seperti politik, perdagangan, perkawinan dan pendidikan. Kata kunci: islam, penyebaran, teluk betung
DESKRIPSI KEHIDUPAN MASYARAKAT PENGRAJIN BATU BATA DI PEKON SUKOHARJO II Rian Dwi Purnomo; Ali Imron; Wakidi Wakidi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.682 KB)

Abstract

The formulation of the problem in this research is ' how did the impact of industrial bricks against the social and economic life of the society in Sukoharjo 2? This research aims to know clearly how the life of bricks handicraftsman in Sukoharjo 2. The methods used in this research is descriptive method, with the techniques of data collection through the techniques of observation, questionnaires, participants’ interview and documentation. Data analysis is the analysis of qualitative data. The results of this research by the rise of the bricks industry in Sukoharjo 2, it brought a big influence to the life of the society in this area. The influence is marked by changes in terms of  social stratification,  social interaction , livelihood and income levels.Rumusan masalah ini adalah bagaimanakah dampak industri batu bata terhadap  kehidupan  sosial  dan  ekonomi  masyarakat Pekon Sukoharjo 2? Tujuan penelitian untuk mengetahui  kehidupan masyarakat pengrajin industri batu bata di Pekon Sukoharjo 2. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui: teknik observasi partisipan, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis data kualitatif. Hasil dalam skripsi ini menunjukkan bahwa  munculnya industri batu bata di wilayah Pekon Sukoharjo 2 ini membawa pengaruh besar bagi kehidupan masyarakat Sukoharjo II. Pengaruhnya ditandai dengan perubahan dari segi kehidupan sosial dan ekonomi mereka pada stratifikasi, interaksi sosial, mata pencaharian dan tingkat pendapatan.Kata kunci: kehidupan, masyarakat, pengrajin batu bata 
SITUS MEGALITHIK TAMAN PURBAKALA DESA PUGUNG RAHARJO KECAMATAN SEKAMPUG UDIK Tiwi Susanti; Ali Imron; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.303 KB)

Abstract

This research aims to obtain an explanation of assumptions from the society in Pugung Raharjo village towards Megalithic Sites of Pugung Raharjo Archaeological Park in Sekampung Udik district, East Lampung. This research applied descriptive method with several data collection techniques, such as: questionnaire, interview, observation, and literary review, while the data analysis was qualitative data. From the research conducted on 100 respondents of Pugung Raharjo villagers, it can be concluded that the assumptions of respondents towards Megalithic Sites of Pugung Raharjo Archaeological Park which functions as tourist attraction, historial learning site, as well as a sacred spot is as follows respectively 33.6% of respondents just known it 39.6% of respondents have  conceived and the rest 26.9% of respondents have appreciated it. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan asumsi masyarakat Desa Pugung Raharjo terhadap Situs Megalithik Taman Purbakala Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui: teknik angket, teknik wawancara, teknik observasi dan teknik kepustakaan, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Penelitian yang telah dilakukan pada 100 responden di Desa Pugung Raharjo ini dapat diperoleh hasil bahwa asumsi masyarakat pada pemanfaatan Situs Megalithik Taman Purbakala Pugung Raharjo sebagai tempat wisata, pembelajaran sejarah dan sakral adalah sebanyak 33,6% responden mengetahui, sebanyak 39,6% responden mengerti dan sebanyak 26,9% responden memahami.Kata kunci : asumsi, masyarakat, situs megalithik

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 1 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 2 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 1 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 8, No 2 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 7 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 6 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 5 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 4 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 3 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 2 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 5 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 4 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 3 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 2 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 1 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 9 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 7 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 6 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 4 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 3 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 1 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 3 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 2 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 6 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 5 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 3 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 2 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 1 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 6 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 5 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 3 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 2 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 1 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 5 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 3 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 2 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 1 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) More Issue